Profil Pengusaha Sukses Indonesia - Naomi Susilowati Setiono

Profil pengusaha sukses Indonesia kali ini adalah tokoh yang mempunyai keinginan kuat untuk memajukan dunia batik Lasem sebagai kerajinan asli Indonesia yang bernilai tinggi, baik di mata lokal atau manca negara. Suka maupun duka dalam mengembangkan batik Lasem atau Laseman sudah dirasakan oleh wanita ini. Walaupun dibesarkan dari keluarga terpandang, tetapi tidak membuat beliau tinggi hati, justru sebaliknya, ia selalu berlaku baik kepada siapa saja. Namun, setelah sekitar satu atau dua tahun ia lulus dari sekolah Apoteker di Semarang, beliau mendapatkan teguran dari orang tuanya. Ia dikucilakn dari pihak keluarga. Padahal ketika itu umurnya baru 20 tahunan.

Setelah dikeluarkan dari keluarga, kemuadian Baomi hengkang  ke kabupaten Kudus. Di mana pada saat itu keadaan cukup sulit, namun beliau sebagai gadis remaja berani banting tulang untuk mencukupi kebutuhannya sendiri. Buktinya beliau tidak malu menekuni pekerjaannya sebagai tukang cuci pakaian. Kemudian ia beralih lagi beberapa pekerjaan hingga pada puncaknya beliau menemukan jati dirinya sebagai seorang pengusaha yang mandiri. Marilah kita ikuti kisah profil pengusaha sukses Indonesia ini.

profil pengusaha sukses di indonesia
Naomi Susilowati Setiono

Sebelum sukses menjadi pengusaha, Naomi wanita sederhana ini juga pernah menjalani hidupnya sebagai tukang cuci baju, pemotong batang rokok, kernet bus antar kota dan akhirnyaa menjadi pengrajin batik lasem.Kegetiran hidup tak menyurutkan perjuangan Naomi Susilowati Setiono (46) dalam menjalani kesehariannya. Dengan berapi-api, wanita sederhana ini menuturkan kisah hidupnya yang diawali sebagai tukang cuci baju, pemotong batang rokok, kernet bus antarkota, dan akhirnya menjadi pengusaha serta perajin batik lasem.

Hingga tak heran, rekan-rekannya memintanya untuk menjadi ketua cluster batik lasem, yang hingga kini belum diberi nama. Dalam waktu dekat, cluster ini akan dinamai menjadi semacam asosiasi perajin/pengusaha batik lasem.

Semua ini karena kebaikan Tuhan, ujarnya mensyukuri perbaikan hidup yang dialaminya. Meski bukan pengusaha batik nomor wahid di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, perempuan peranakan Tionghoa ini sangat terkenal di dunia perbatikan, khususnya batik lasem.

Jenis batik lasem (atau laseman) yang perkembangannya jauh tertinggal dibanding batik solo dan yogya ini terus digeluti, meski masih menggunakan peralatan tradisional. Naomi yang memimpin Batik Tulis Tradisional Laseman Maranatha di Jalan Karangturi I/I Lasem, Rembang, ini mengerahkan 30 perajin guna mendukung usahanya.

Selain mengemban status single parent, Naomi terkenal aktif sebagai pendeta di gereja setempat. Bahkan, akhir-akhir ini ia disibukkan dengan mengisi seminar maupun pemaparan ke berbagai instansi mengenai seluk-beluk batik lasem.

Ia juga tengah merintis pengaderan perajin batik ke sekolah-sekolah secara gratis. Kalau tidak kami sendiri yang mengader, siapa lagi? Tidak bisa hanya mengandalkan pemerintah, ujarnya.

Naomi mengaku pernah melontarkan gagasannya kepada Bupati Rembang Hendarsono (saat itu) untuk menyisipkan cara membatik ke dalam pelajaran muatan lokal. Sayangnya, ide ini tak ditanggapi dan dianggap tidak bisa berhasil.

Akhirnya, ia langsung turun ke sekolah-sekolah untuk menyampaikan gagasannya itu. Kini, ia masih menunggu tanggapan dari sekolah-sekolah. Jika masalah tempat, saya bisa meminjam balai desa, tak perlu keluar uang, ujarnya.

Meski sangat sibuk, produktivitasnya tak berubah. Setiap bulan Naomi dan rekan-rekan pekerja di tempatnya menghasilkan rata-rata 150 potong batik tulis. Batik-batik bermotif akulturasi budaya Cina dan Jawa ini dikirim ke berbagai daerah, seperti Serang (Banten), Medan (Sumut), dan Surabaya (Jatim).

Naomi menjelaskan, usaha batik yang digeluti sejak tahun 1990 ini merupakan limpahan dari orangtua. Namun, ia tidak semata-mata menerima begitu saja.

Pada tahun 1980, lulusan Sekolah Menengah Apoteker Theresiana Semarang ini mendapatkan masalah sehingga dikucilkan dari keluarga yang saat itu terpandang di wilayahnya. Ditolak dari keluarga yang telah mengasuhnya 21 tahun itu mau tak mau harus diterimanya. Ia pun pindah ke Kabupaten Kudus.

Di tempat ini ia menyingsingkan lengan baju dan bekerja sebagai pencuci pakaian. Tergiur penghasilan yang lebih tinggi, ia pindah sebagai buruh pemotong batang rokok di Pabrik Djarum Kudus.

Karena kurang cekatan, ia hanya mendapatkan penghasilan yang sedikit, Rp 375 per hari. Padahal teman-teman dapat memotong rokok berkarung-karung, bisa mendapat uang Rp 2.000-an, ujar lulusan Sekolah Tinggi Theologia Lawang, Jatim, ini.

Ia hengkang dan berpindah sebagai kernet bus Semarang-Lasem. Singkat cerita, orangtuanya memintanya kembali ke Lasem. Itu pun dengan berbagai cemooh. Saya ditempatkan di bawah pembantu. Mau minta air dan makan ke pembantu. Saya juga tidak boleh memasuki rumah besar, ujarnya.

Perlakuan ini ia terima dengan lapang dada. Sedikit demi sedikit ia mempelajari cara pembuatan batik lasem. Mulai dari desain, memegang canting, melapisi kain dengan malam, hingga memberi pewarnaan diperhatikannya dengan saksama.

Hingga suatu hari, tahun 1990, orangtuanya memutuskan tinggal dengan adik-adiknya di Jakarta. Usaha batik tidak ada yang meneruskan. Dari titik inilah Naomi dipercaya untuk melanjutkan usaha batik warisan turun-temurun ini.

Kesempatan ini digunakan Naomi untuk mengubah sistem dan aturan main bagi pekerjanya. Ia memberi kesempatan kepada perajin untuk menunaikan ibadah shalat. Sesuai kewajiban yang ingin mereka jalankan, saya memberikannya. Ini salah satu sistem baru yang saya terapkan, ujarnya yang pernah bercita-cita sebagai arkeolog.

Suasana kerja juga bukan lagi atasan dan bawahan. Ia menganggap perajin adalah rekan usaha yang sama-sama membutuhkan dan menguntungkan. Jika siang hari turun tangan dalam memproses batik, malam hari digunakannya untuk membuat desain.

Ibu dari Priskila Renny (23) dan Gabriel Alvin Prianto (17) ini masih tetap eksis di dunia perbatikan. Perlahan namun pasti, batik lasem mulai menggeliat dan dilirik kembali oleh para pencinta batik, baik dari dalam negeri maupun luar negeri. (sumber: Kompas, 23 Januari 2006)

Itulah gambaran kehidupan seorang pengusaha wanita Indonesia, Naomi Susilowati Setiono. Kesuksesan yang dimilikinya untuk membangun usaha pembuatan batik Lasem Marantha patut diacungi jempol. Ia berhasil membuktikan segala usaha yang ditempuh dengan kerja keras dan pantang menyerah pasti akan memetik hasil yang manis. Ditambah pula dengan keinginannya yang kuat untuk memajukan dunia perbatikan yang ada di Indonesia agar bersinar kembali. Atas kecintaannya yang mendalam terhadap pekerjaan membatik, membuat dirinya sadar akan kebudayaan bangsa yang harus dilestarikan. Sukses selalu untuk Naomi Susilowati Setiono dan teruslah berkarya! Semoga profil pengusaha sukses Indonesia kali ini bisa menambah wawasan anda dan lebih mengangkat usaha di bidang kebudayaan bangsa Indonesia. Jaga terus semangat kewirausahaan, salam sukses selalu!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar