Orang Yang Sukses Dalam Berwirausaha

Orang Yang Sukses Dalam Berwirausaha : Chairul Tanjung -Kiat Sukses Wirausaha
Orang Yang Sukses Dalam Berwirausaha

Minggu , 17Maret 2013, ribuan peserta diskusi Enterpreneurship memenuhi ruangan SMESCO Convention Hall yang menghadirkan Pengusaha Sukses Chairul Tanjung (Pimpinan dan pemilik Trans Corp) dan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo sebagai narasumber diskusi yang membahas bagaimana menjadi seorang wirausahawan yang sukses.

Menurut Chairul Tanjung (CT), Gubernur Joko Widodo itu spesial dan berasal dari wirausahawan. Sekalipun sekarang tokoh politik tetapi jiwa tetap jiwa wirausahawan. Bahkan waktu pembukaan Trans -7 di Makasar, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo diundang menjadi tamu khusus.

Menurut CT yang lahir di Gang Sempur dekat Rel Kereta api dari keluarga kurang mampu ini, bahwa

1. Sukses itu adalah hak milik setiap orang.

“Mau dari keluarga kaya, kurang mampu, Sukses itu hak milik setiap orang “, ulang beliau menekankan.”Tetapi bersyukurlah kalau anda berasal dari keluarga yang mampu, nah, kebetulan saya berasal dari keluarga yang kurang mampu, saya katakan kurang mampu karena “saya enggak punya pilihan” terlahir dari keluarga seperti apa.”

Ketika Chairul Tanjung mengetahui bahwa uang kuliahnya berasal dari kain halus (baca: batik) yang dijual dan digadaikan oleh ibunya, pada saat itu dia bersumpah bahwa ia tidak akan pernah meminta uang dari orang tuanya lagi. Itulah komitmennya. Sehingga ia mulai mencari uang sendiri sewaktu ia kuliah dengan jasa fotocopy. (yang pada akhirnya lulus dengan predikat dokter gigi)

Bagi CT,

2. Wirausaha tanpa sebuah komitmen adalah omong kosong.

Dalan berwirausaha, mulailah dari sesuatu yang dikuasai dan bisa dipegang dan berhasil

Berapa uang yang didapatkan tidak menjadi masalah, yang penting adalah berhasil. Mendapatkan uang Rp.10,000.00 (sepuluh ribu) dari penghasilan pertama jauh lebih sulit dari pada mendapat 1 milyar dari penghasilan kedua. Cari sepuluh ribu itu susahnya setengah mati. Kenapa setengah mati? karena kita memperolehnya dari jerih payah kita sendiri dari keringat sendiri.

3. Dalam berwirausaha juga kita memerlukan Networking, tempat dan tentu sebuah kepercayaan.

4. Sesuatu yang terjadi dalam hidup tidak terlepas dari apa yang terjadi dari masa lalu. Apa yang terjadi di masa lalu akan berpengaruh di kehidupan masa depan. Karena itulah, kita harus hadapi proses dan kuat terhadap tekanan.
. Jadi apa yang kita lakukan sekarang akan berpengaruh kepada masa depan kita.
“Ketika kita kecil kita sudah hadapi hidup yang keras, gede nya kita akan kuat terhadap tekanan. Itulah yang saya alami.” tutur Chairul Tanjung.

5. Organisatoris itu juga sangat penting, ketika SMP, SMA, Kuliah ikutlah dalam organisasi-organisasi. Hal ini sangat penting, kenapa?
1. Karena kita akan mengerti management
2. Belajar Leadership dan
3. Bertanggung Jawab

6. Memperhatikan keadaaan lingkungan sekitar itu juga penting, aktif di kegiatan-kegiatan sosial dengan begitu kita akan lebih sensitif terhadap apa yang terjadi pada masyarakat, memahami gerak-gerik masyarakat. Dengan demikan apa yang kita lakukan pun akan di apresiasi oleh masyarakat , kenapa? ya karena sensitifitas kita perduli terhadap masyarakat.

7. Seorang pegusaha itu harus OPTIMIS..!! jangan Pesimis..!
Seperti kue donat “Optimis itu adalah kue donatnya, pesimis itu adalah bolongnya, jadi pesimis tidak akan menghasilkan apa-apa”

Optimis akan memacu masa depan kita lebih baik.

Jangan Lupa “KOMITMEN”, jangan tunggu-tunggu tapi “JUST DO IT

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar