Data Pengusaha Sukses - Hermawan Kartajaya

Data  pengusaha sukses mencatat bahwa tokoh yang satu ini merupakan pengusaha dan sekaligus pakar marketing yang ternama di Indonesia. Kiprahnya di dunia marketing telah mengilhami banyak para marketer di Indonesia. Pemikiran dan inovasinya dibidang marketing sangatlah fenomenal dan wajib bagi marketer untuk bisa berguru padanya.

Sungguh peranan marketing dalam dunia wirausaha merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Mungkin kita bisa menyebutkan jantung dari suatu usaha ialah marketing. Jadi menurut saya pribadi tokoh yang satu ini sangatlah penting dalam membawa perubahan pola pikir dan mental bagi seorang pengusaha yang utamanya di bidang marketing. Oke...marilah kita ikuti beberapa data dari pengusaha sukses ini yang bisa disajikan dan saya berharap akan memberi wawasan dan ide baru bagi kebaikan bisnis atau usaha kita.

profil pengusaha sukses indonesia
Hermawan Kartajaya

Hermawan Kartajaya (lahir di Surabaya, Jawa Timur, 18 November 1947; umur 64 tahun) adalah seorang pakar pemasaran berkewarganegaraan Indonesia. Sejak tahun 2002, ia menjabat sebagai Presiden World Marketing Association dan oleh The Chartered Institute of Marketing yang berkedudukan di Inggris ia dinobatkan sebagai 50 Gurus Who Have Shaped The Future of Marketing. Saat ini ia juga menjabat sebagai Presiden MarkPlus&Co, perusahaan konsultan manajemen yang berbasis di Asia yang dirintisnya sejak tahun 1990. Ia juga aktif menulis buku-buku seputar dunia pemasaran. Kartajaya merupakan orang Indonesia pertama yang memasuki ranah pemasaran internasional dengan model yang ia buat sendiri. Ia adalah seroang yang unik kombinasi dari orang yang memiliki pemikiran akan konsep bisnis yang strategis dalam bidang marketing dan seorang praktisi.  Hermawan yang juga founder dan President MarkPlus itu selalu mengatakan bahwa jika ingin membangun brand yang kuat perusahaan tidak boleh hanya mengandalkan iklan. Perusahaan harus melakukan sesuatu yang mengena di benak konsumen, tidak sekadar menjual tetapi memiliki implikasi jangka panjang.

Riwayat Pendidikan dan Karir

    Ia pernah mengenyam Pendidikan Tinggi di Teknik Elektro ITS, namun harus keluar karena permasalahan ekonomi
    Ia menyelesaikan gelar sarjana di Universitas Udayana, Bali.
    Ia mendapatkan gelar master di University of Strathclyde Graduate School of Business, Scotland 1995
    Pada 1990 membentuk MarkPlus, perusahaan konsultan marketing di Surabaya, Indonesia.
    Sejak 2002 Hermawan Kartajaya menjadi presiden dari World Marketing Association
    is also the one the few Asians who has been invited to give a speech in the American Marketing Association (AMA) Educators Conference
    Dinobatkan sebagai 50 Gurus Who Have Shaped The Future of Marketing

Hermawan Kartajaya telah menulis banyak buku, di antaranya adalah:
Buku (Internasional)

    Attracting Investors: A Marketing Approach to Finding Funds For Your Business, with Philip Kotler (Kellogg School of Management) and S. David Young (INSEAD), published by John Wiley & Sons, New Jersey, 2004.

    Rethinking Marketing: Sustainable Market-ing Enterprise in Asia, with Philip Kotler (Kellogg School of Management), Hooi Den Huan (Nanyang Business School) and Sandra Liu (Purdue University), published by Prentice Hall Asia, 2002. This book is launched at the University of Chicago Graduate Business School—Asian Campus, Singapore, September 2002. Currently, this book is being used as second textbook for Marketing Course at Nanyang Business School, Singapore. This book has been translated into several languages.

    Repositioning Asia: From Bubble to Sustainable Economy, with Philip Kotler (Kellogg School of Management) and wholly supported by Andersen Consulting Asia Pacific, published by John Wiley & Sons, Singapore, 2000. This book was bestseller in Asia. This book has been translated into several languages.

    The 18 Guiding Principles of Marketing Company in Warren J. Keegan (Pace University), Global Marketing Management, Prentice Hall, New Jersey, 1999.

    The Strategic Marketing Plus 2000 Conceptual framework for Competitive Audit, Strategy Formulation and Capability Enhancement in Warren J. Keegan (Pace University) and Mark C. Green (Simpson College), Principles of Global Marketing, Prentice Hall, New Jersey, 1997.

Buku (Nasional)

#    Attracting Tourist, Traders & Investors, diterbitkan oleh PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2005.

#   4G Marketing: A 90-Year Journey in Creating Everlasting Brands, diterbitkan oleh MarkPlus&Co, Jakarta, 2005. This book is about journey of HM Sampoerna of creating everlasting cigarette brands in Indonesia.

#   Aa Gym: A Spiritual Marketer, diterbitkan oleh MarkPlus&Co, Jakarta, 2005.

#    Winning the Mom Market in Indonesia, diterbitkan oleh MarkPlus&Co, Jakarta, 2005.

#    Marketing in Venus Playbook Volume I, II, III, diterbitkan oleh MarkPlus&Co, Jakarta, 2005.

#    Marketing in Venus: The Garuda Indonesia Story, diterbitkan oleh MarkPlus&Co, Jakarta, 2005.

#    Metrosexuals in Venus, diterbitkan oleh MarkPlus&Co, Jakarta, 2004.

#    Marketing Yourself, diterbitkan oleh MarkPlus&Co, Jakarta, 2004.

#    Berbisnis dengan Hati (Compassionate Marketing), with K.H. Abdullah Gymnastiar (Aa Gym), published by MarkPlus&Co, Jakarta, 2004.

#    Positioning Differentiation Brand, diterbitkan oleh PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2004.

#    On Becoming a Customer-Centric Company, diterbitkan oleh PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2004. This book is a about the transformation of PT Pos Indonesia of becoming the customer-centric company.

#    Hermawan Kartajaya on Positioning, diterbitkan oleh Mizan Media Utama, Bandung, 2004.

#    Hermawan Kartajaya on Differentiation, diterbitkan oleh Mizan Media Utama, Bandung, 2004.

#    Hermawan Kartajaya on Brand, diterbitkan oleh Mizan Media Utama, Bandung, 2004.

#    Marketing in Venus, diterbitkan oleh PT Gramedia Pustaka Media, Jakarta, 2003. This book is a bestseller in Indonesia.

#    Hermawan Kartajaya on Marketing, diterbitkan oleh PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2002.

#    MarkPlus on Strategy, diterbitkan oleh PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2002.

#    Marketing Plus 2000, diterbitkan oleh PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2001.

#    Bridging the Network Company, diterbitkan oleh PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 1999. This book is about on the transformation of PT Pos Indonesia of becoming the network company.

#    Kiat Memenangkan Persaingan di Era Krisis (Winning in the Era of Crisis), diterbitkan oleh PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 1998.

#    Siasat Bisnis: Menang dan Bertahan di Abad Asia Pasifik (Business Strategy: Winning and Sustaining in Asia Pacific), diterbitkan oleh PT Gramedia Pustaka Utama in cooperation with Majalah Berita Mingguan Gatra, Jakarta, 1997.

#    Seri 36 Kasus Pemasaran Asli Indonesia: Rangkaian Strategi, Siasat, dan Taktik Jitu (Series of 36 Indonesia Business Cases: Strategy and Tactic), with Dyah Hasto Palupi, diterbitkan oleh PT Elex Media Komputindo, Jakarta. This series consist of 2 books.

#    Marketing Plus Series, diterbitkan oleh Pustaka Sinar Harapan, Jakarta. This series consist of 5 books.

#    On Becoming a Customer-centric Company
#    Marketing in Venus
#    Hermawan on Marketing
#    Rethinking Marketing
#    Sustainable Marketing Enterprise in Asia

Jurnal

#    Guest Editor, with Philip Kotler (Kellogg School of Management) and Karthik Siva (Global Brand Forum), Nanyang Business Review, Special Global Brand Forum edition 2004.

#    Guest Editor, with Philip Kotler (Kellogg School of Management), Nanyang Business Review, Vol. 2 No. 1, January-June 2003.

#    Only the Sustainable Succeed: Lessons from Asian Survivors, Nanyang Business Review, Vol. 1 No. 1 January-June 2002, with Philip Kotler (Kellogg School of Management).

#    Consumer Behavior in the Economic Crisis and Its Implication for Marketing Strategy, Kelola Gadjah Mada University Business Review, No.18/VII/1998.

#    Marketing Audit: Based on Strategic Marketing Plus 2000, Kelola Gadjah Mada University Business Review, No.9/IV/1995. (sumber:wikipedia.org)

Sungguh banyak sekali karya tokoh yang disajikan dalam data pengusaha sukses Hermawan Kertajaya tersebut. Kita patut mencontoh langkah-langkah yang diambil beliau walaupun hanya sedikit mungkin itu bisa membantu untuk percepatan usaha kita.  Yang tak kalah pentingnya semangat untuk selalu mengembangkan usaha kita dan tidak lupa memikirkan cara-cara marketing yang diinspirasi pengusaha sukses ini. Semoga para pembaca dapat sesuatu yang berharga setelah membaca artikel diatas. Pesan saya untuk selalu menjaga selalu semangat wirausaha. Maju terus Entrepreneur Indonesia, salam sukses selalu!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar